Tugas Dasar Management
1. The head chef /
Chef de cuisine / Executive Chef
Pada urutan teratas kita akan menemui sang Chef de cuisine atau sang kepala dapur. Kepala dapur adalah salah satu jabatan terpenting dari struktur organisasi dapur. Tugas pokok dari kepala dapur ini lebih banyak pada tugas-tugas administrasi, seperti mengecek daftar pesanan barang ke gudang, mengetik menu dan mengatur dan mengawasi seluruh tugas-tugas kitchen, khususnya dalam proses pengadaan dan pengolahan makanan sesuai dengan standart yang telah ditetapkan termasuk membuat food cost standart. The head chef perlu tahu bagaimana mengolah makanan di dapur tetapi ia harus tahu nama makanan serta ejaan yang benar dalam penulisan menu. The head chef bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen di dalam dapur, seperti membuat menu dan resep baru bersama dengan manajer restoran, kemudian mengawasi dan melatih para staff nya, membeli bahan baku, serta mengawasi kebersihan dan persiapan semua makanan yang siap dihidangkan.
Pada urutan teratas kita akan menemui sang Chef de cuisine atau sang kepala dapur. Kepala dapur adalah salah satu jabatan terpenting dari struktur organisasi dapur. Tugas pokok dari kepala dapur ini lebih banyak pada tugas-tugas administrasi, seperti mengecek daftar pesanan barang ke gudang, mengetik menu dan mengatur dan mengawasi seluruh tugas-tugas kitchen, khususnya dalam proses pengadaan dan pengolahan makanan sesuai dengan standart yang telah ditetapkan termasuk membuat food cost standart. The head chef perlu tahu bagaimana mengolah makanan di dapur tetapi ia harus tahu nama makanan serta ejaan yang benar dalam penulisan menu. The head chef bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen di dalam dapur, seperti membuat menu dan resep baru bersama dengan manajer restoran, kemudian mengawasi dan melatih para staff nya, membeli bahan baku, serta mengawasi kebersihan dan persiapan semua makanan yang siap dihidangkan.
Untuk lebih lengkap &
jelasnya, berikut uraian tugas, wewenang, tanggung jawab, peran &
karakteristik kepribadian The head chef :
A. Uraian
Tugas :
1. Mengecek
daftar pesanan
barang ke gudang.
2. Mengetik
menu.
3. Mengatur
& mengawasi seluruh
tugas-tugas kitchen, khususnya
dalam proses pengadaan
dan
pengolahan makanan sesuai
dengan standart yang telah
ditetapkan.
4. Membuat
anggaran tahunan
untuk mempersiapkan bahan-
bahan makanan yang akan dijual.
5. Membuat
rencana kerja tahunan.
6. Selalu
menghadiri rapat antara
kepala bagian lainnya, sesuai
yang telah ditentukan
oleh
General Manager.
7. Mengawasi
pelaksanaan tata kerja , keselamatan kerja, dan memenuhi kelengkapan atau
atribut kerja agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman.
8. Mengawasi
sepenuhnya tempat penyimpanan makanan dan peralatan-peralatan yang akan
digunakan untuk kelancaran operasional kerja.
9. Menjaga
food cost standart atau standart porsi.
10. Mengawasi
sepenuhnya kegiatan food production secara keseluruhan.
11. Berkreasi
menciptakan menu-menu baru, sebagai upaya untuk menarik konsumen.
12. Bekerja
sama dengan F & B manager khususnya dalam hal penyediaan makanan dan
minuman dalam jamuan-jamuan atau rapat-rapat yang diselenggarakan oleh hotel.
13. Mengawasi
kegiatan artist kitchen dalam menu-menu buffet, baik untuk direstourant maupun
dalam kegiatan banquet lainnya.
14. Menjaga
hubungan baik dengan para client dan rekan-rekan lainnya.
15. Bersedia
menjalankan tugas atau instruktur dari atasan.
B. Wewenang
:
1. Berwenang
untuk merencanakan progam trainee untuk kitchen.
2. Berwenang
atas pengambilan keputusan dalam mengkoordinasikan semua kegiatan operasional
Departement.
C. Tanggung
Jawab :
1. Bertanggung
jawab atas terlaksana seluruh tugas-tugas atau pekerjaan yang ada di departementnya.
2. Bertanggung
jawab atas pengadaan bahan-bahan yang akan digunakan dalam operasional kitchen.
D. Peranan
:
1. Memesan/mengawasi
pemesanan barang serta bahan makanan pada gudang.
2. merencanakan
dan menyusun menu.
3. memberikan
saran-saran atau data tentang peralatan dapur yang akan dibeli.
4. menjaga
kestabilan food cost (biaya pokok pengolahan makanan) sehingga tingkat keuntungan tertentu bisa dicapai
dan dipertahankan.
5. mengatur
pekerjaan,menentukan uraian tugas-tugas masing-masing jabatan dan menyusun
jadwal kerja brigade dapur.
6. meningkatkan kemampuan bawahan dengan jalan
memberikan latihan(training)baik di dalam maupun di luar perusahaan.
7. mengawasi pekerjaan dapur terutama pada waktu
service,sehingga kualitas makanan yang dijual dapat
dipertanggung jawabkan.
Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh kepala dapur adalah:
1.
Bertanggung jawab atas semua
kegiatan di dapur.
2.
Jujur dalam semua kegiatan.
3.
Memiliki disiplin yang tinggi.
4.
Sabar dan bijaksana dalam
mengambil keputusan.
2. The second chef / Sous chef / Wakil kepala dapur
Sous-chef yang merupakan asisten langsung dari Chef de cuisin / tangan kanan kepala
dapur, sebagai wakil pengganti dari Chef de cuisine yang
harus terjun langsung ke lapangan (operation) apabila
Chef de cuisine libur atau berhalangan untuk hadir. Dia juga terkadang
bertanggung jawab akan penyusunan jadwal kerja para staff. Untuk restoran
berskala kecil peranan sous-chef biasanya tidak ada, sebaliknya dalam skala
yang besar bisa saja ditemui lebih dari satu sous-chef dan ada yg disebut head
chef yang hadir diantara Sous-chef
dan executive chef.
Berikut uraian tugas, wewenang, tanggung jawab,
peranan & karakteristik kepribadian yang harus dimiliki seorang Sous chef :
A. Uraian Tugas:
1.
Mengawasi kelancaran kerja di
kitchen department secara keseluruhan.
2.
Menjaga hubungan baik dengan
department lainnya.
3.
Membuat daftar pembelian barang
yang dibutuhkan untuk kelancaran operasional kitchen.
4.
Menyusun daftar menu sesuai dengan
intruksi dari Executive Chef.
5.
Membuat laporan-laporan dan
ide-ide dengan tujuan untuk mencapai target yang diinginkan.
6.
Membantu Executive Chef untuk
menjaga Food Cost.
7.
Bersama Executive Chef
melaksanakan perhitungan food cost setiap bulannya.
8.
Mengontrol kebersihan areal dapur
dan sekitarnya.
9. Menyusun
jadwal kerja atau shift karyawan bersama dengan Executive Chef.
10. Bersedia
melaksanakan tugas dan instruksi yang diberikan atasanya.
11. Bekerja
sama dengan Executive Chef dalam mengawasi proses pengolahan makanan didapur.
12. Bersedia
menggantikan Executive Chef apa bila sedang menjalankan tugas luar.
B.
Wewenang :
1.
Berwenang untuk mengawasi
kelancaran kerja di kitchen secara keseluruhan.
C. Tanggung
Jawab :
1. Bertanggung
jawab atas seluruh staff dan seluruh area dapur.
2. Bertanggung
jawab atas proses pengadaan makanan.
D. Peranan :
1.
Menggantikan tugas-tugas kepala
dapur pada saat kepala dapur tidak berada di tempat.
2.
Mengawasi pekerjaan dapur untuk
mencapai tujuan(goal)yang sudah ditentukan oleh kepala dapur.
3.
Melaksanakan tugas-tugas khusus
yang dibebankan seperti mengawasi banquette,grillroom,dll.
E. Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh wakil kepala dapur
adalah:
1. Bertanggung jawab atas semua kegiatan di dapur bila kepala dapur
1. Bertanggung jawab atas semua kegiatan di dapur bila kepala dapur
tidak berada ditempat.
2. Jujur dalam setiap keadaan.
3.Memiliki sikap disiplin yang tinggi.
4. Cekatan.
2. Jujur dalam setiap keadaan.
3.Memiliki sikap disiplin yang tinggi.
4. Cekatan.
3.
Selanjutnya
ada expenditer,
posisi ini tidak harus selalu ada dalam hierarki (optional), tugasnya kurang
lebih sebagai penghubung antara para tamu di ruang makan (front of the house)
dan para juru masak di dapur (back of the house), mengatur koordinasi dan
timing dari setiap pesanan, memastikan tamu tidak menunggu lama untuk
pesanannya. Terkadang juga memastikan setiap pesanaan dalam keadaan yang baik,
memberi garnish;,dll..
sebagai finishing touch lah …
4.
Chef
de Partie atau
biasa disebut CDP ada di urutan selanjutnya. Dikenal juga sebagai station chef
atau line cook. Dia bertanggung jawab untuk area tertentu
di dapur seperti salad department, hot food department, Meat Department dsb.
Seorang CDP Biasanya memiliki beberapa asisten cook, untuk dapur yang sibuk
biasanya dia dibantu oleh seorang demi-chef
de partie. Chef
De Partie ( CDP )
a.
Tugas:
Bertanggung jawab terhadap proses pengadaan kebutuhan bahan makanan, khususnya untuk jamuan-jamuan atau rapat-rapat yang diselenggarakan oleh Hotel.
Bertanggung jawab terhadap proses pengadaan kebutuhan bahan makanan, khususnya untuk jamuan-jamuan atau rapat-rapat yang diselenggarakan oleh Hotel.
b.
Uraian Tugas:
1. Mengawasi kelancaran kerja sehari-hari pada setiap section.
2. Memberikan tugas-tugas harian kepada setiap cook yang dibawahinya.
3. Mengawasi operasional kitchen kepada tiap shift.
4. Menyelesaikan segala persoalan yang ditimbulkan pada saat operasional.
5. Memberikan operasional briefing pada tiap harinya.
1. Mengawasi kelancaran kerja sehari-hari pada setiap section.
2. Memberikan tugas-tugas harian kepada setiap cook yang dibawahinya.
3. Mengawasi operasional kitchen kepada tiap shift.
4. Menyelesaikan segala persoalan yang ditimbulkan pada saat operasional.
5. Memberikan operasional briefing pada tiap harinya.
c.
Tanggung Jawab:
1. Atas kelancaran kerja pada tiap bagian.
2. Bertanggung jawab atas terciptanya disiplin kerja karyawan pada bagiannya.
1. Atas kelancaran kerja pada tiap bagian.
2. Bertanggung jawab atas terciptanya disiplin kerja karyawan pada bagiannya.
Ada bemacam-macam
titel di dalam chef de partie yang ditentukan berdasarkan jenis tugasnya,
antara lain :
·
Saucier ,(sauté
chef) bertanggung jawab untuk semua jenis makanan yang di sauté dan
saus-saus nya.
·
Poissonnier, ( Fish
Chef) bertugas menyiapkan hidangan berjenis ikan mulai dari pemotongan
hingga mempersiapkan saus yang pas.
·
rotisseur (roast chef)
bertugas untuk makanan yang di “roast”seperti daging beserta saus-sausnya.
·
Grillardin (grill chef)
bertugas untuk makanan yang di “grill” , posisi ini biasanya dirangkapkan
bersama rotisseur.
·
Frirutier ( fry chef)
bertanggung jawab dengan semua yang digoreng-goreng, biasanya deep-fry
·
Entremetier
(vegetable chef) biasanya bertugas menyediakan hidangan pembuka yang panas
(hot appetizer), juga biasanya membuat sup dan juga sayuran, pasta, dll.
Dalam skala yang lebih besar posisi ini dibagi lagi menjadi potager yang pembuat
sup dan legumier
yang mempersiapkan sayuran.
·
Tournant (roundsman) ,
seorang CDP yang membantu di setiap-setiap station yang membutuhkan.
·
Garde manger (Pantry Chef)
bertanggung jawab untuk mempersiapkan hidangan dingin, seperti salad, hidangan
pembuka (cold appetizer), dll.
·
Boucher (Butcher)
bertanggung jawab untuk urusan daging atau unggas, terkadang merangkap sbg Poissonnier.
·
Patissier (Pastry Chef)
Bertanggung jawab untuk membuat dessert atau hidangan penutup seperti kue-kue,
tart, puding, muffin dll. juga terkadang mempersiapkan kue khusus untuk
pengantin, ulang tahun, dsb. Di restoran dengan skala yang besar biasanya
pastry merupakan departemen sendiri yang terpisah dari dapur, dikepalai oleh
seorang Pastry Chef yang melapor langsung pada Executive Chef.
3.
Commi
alias para asisten cook, biasanya para pemula atau para trainee, gak mungkin
kan seorang chef bertugas memotong bawang sendiri? Maka para commi inilah yang
melaksanakan tugas mempersiapkan dan mengolah bahan baku dasar. Biasanya
mahasiswa yang belajar kuliner akan ditempatkan sebagai commi terlebih dahulu
untuk memulai praktek langsung di dunia kerja. Commi pada umumnya terdiri dari
3 tingkatan, commi 3 adalah tingkat paling awal, biasanya para trainee,
kemudian commi 2 atau helper yang sudah lumayan berpengalaman dan mengenal
medan, dan commi 1 setingkat dibawah CDP.
4. Kemudian
setelah itu ada kitchen assistant seperti kitchenhands yang membantu persiapan
dan steward yang mencuci peralatan masak dan membersihkan dapur.
Itulah kurang lebih gambaran
tentang chain of command didalam sebuah dapur yang berskala menengah ke besar
seperti dalam restoran. Untuk skala yang lebih besar lagi seperti restoran
besar yang memiliki beberapa cabang atau hotel biasanya ada yang disebut
corperate chef.
5. Kitchen
Clerk
Bertugas nengerjakan semua pekerjaan administrasi kantor dapur yang ditugaskan oleh kepala dapur seperti membuat laporan harian & mengetik.
Bertugas nengerjakan semua pekerjaan administrasi kantor dapur yang ditugaskan oleh kepala dapur seperti membuat laporan harian & mengetik.
6. Barker
Bertugas sebagai tukang teriak/barker.Mereka menerima pesanan makanan dari pramusaji(waiter)kemudian meneriakkan ke seksi yang bersangkutan dengan makanan tersebut seperti appetizer diteriakkan pada gardernarnger.,kue-kue pada pastry dan lainnya.Bila makanan tersebut diminta oleh waiter maka barker meminta makanan tersebut pada Cook yang bertugas kemudian memeriksa ketetapan porsi. Garnish, sauce dan lain sebagainya sehingga kualitas makanan yang sampai ketangan tamu betul – betul dapat dipertanggung jawabkan.
Bertugas sebagai tukang teriak/barker.Mereka menerima pesanan makanan dari pramusaji(waiter)kemudian meneriakkan ke seksi yang bersangkutan dengan makanan tersebut seperti appetizer diteriakkan pada gardernarnger.,kue-kue pada pastry dan lainnya.Bila makanan tersebut diminta oleh waiter maka barker meminta makanan tersebut pada Cook yang bertugas kemudian memeriksa ketetapan porsi. Garnish, sauce dan lain sebagainya sehingga kualitas makanan yang sampai ketangan tamu betul – betul dapat dipertanggung jawabkan.
Karakteristik kepribadian yang
harus dimiliki oleh Barker adalah
1. Memiliki suara yang keras
2. Lancar dan jelas dalam berbicara
3. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.
4. Memiliki disiplin waktu yang tinggi.
1. Memiliki suara yang keras
2. Lancar dan jelas dalam berbicara
3. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.
4. Memiliki disiplin waktu yang tinggi.
7. Steward
/ Pelayan
Bagian ini bertugas :
a. Membersihkan semua area dapur, meliputi lantai, tembok, dinding kaca dan
Bagian ini bertugas :
a. Membersihkan semua area dapur, meliputi lantai, tembok, dinding kaca dan
lain sebagainya.
b. Mengerjakan pekerjaan ringan / tanpa banyak tanggung jawab yang
b. Mengerjakan pekerjaan ringan / tanpa banyak tanggung jawab yang
dituigaskan oleh kepala / kepala
bagian, misalnya membersihkan sayur,
mengupas kentang, bawang dan lain
sebagainya.
c. Mencari dan atau mengirim bahan makanan / makanan kebagian – bagian lain
c. Mencari dan atau mengirim bahan makanan / makanan kebagian – bagian lain
di dapur seperti kebagian grill
kerestoran / kitchen yang berada diluar dapur
utama (main kitchen).
d. Mengumpulkan dan mengirim laundry kotor kebagian laundry kemudian
d. Mengumpulkan dan mengirim laundry kotor kebagian laundry kemudian
menerima laundry bersih untuk
dapur seperti towel, napkin juru masak,
apron, kain pembersih lainnya.
Karakteristik kepribadian yang
harus dimiliki oleh Steward adalah
1. Cekatan
2. Penuh ketelitian dalam bekerja
3. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.
4. Memiliki disiplin waktu yang tinggi.
1. Cekatan
2. Penuh ketelitian dalam bekerja
3. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.
4. Memiliki disiplin waktu yang tinggi.
8. De
partie
Artinya assistant atau pembantu, dalam hal ini adalah pembantu chef de partie yang bekerja hanya pada satu seksi, bekerja menyelesaikan tugas – tugas yang menjadi beban tugas sekali, dimana mereka berada. Perbedaan istilah ini hanya berhubungan dengan perbedaan penggolongan gaji dan sedikit sekali hubungannya dengan perbedaan tugas.
Artinya assistant atau pembantu, dalam hal ini adalah pembantu chef de partie yang bekerja hanya pada satu seksi, bekerja menyelesaikan tugas – tugas yang menjadi beban tugas sekali, dimana mereka berada. Perbedaan istilah ini hanya berhubungan dengan perbedaan penggolongan gaji dan sedikit sekali hubungannya dengan perbedaan tugas.
Commis atau cook pada pastry
section bertugas untuk :
1. Mengolah roti
2. Membuat kue
3. Membuat saos manis
4. Membuat ice cream, dll.
1. Mengolah roti
2. Membuat kue
3. Membuat saos manis
4. Membuat ice cream, dll.
Karakteristik kepribadian yang
harus dimiliki oleh De partie adalah
1.Mampu membuat aneka masakan yang memiliki cita rasa tinggi dan
1.Mampu membuat aneka masakan yang memiliki cita rasa tinggi dan
penampilan yang menarik.
2. Cekatan
3Memiliki tanggung jawab yang tinggi saat bekerja.
4.Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.
5.Memiliki disiplin waktu yang tinggi
2. Cekatan
3Memiliki tanggung jawab yang tinggi saat bekerja.
4.Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.
5.Memiliki disiplin waktu yang tinggi
9. The
apprentice / Karyawan magang
Kelompok ini adalah karyawan yang belum pernah bekerja didapur. Mereka ditugaskan bekerja berpindah dari satu seksi ke seksi lain dalam waktu – waktu tertentu. Tujuan berpindah ini ialah agar karyawan pemula ini dapat megenal dan menghayati pekerjaan dimasing – masing seksi sebelum mereka memilih atau ditempatkan pada satu seksi tertentu. Selama berpindah – pindah ini mereka juga diberikan tugas – tugas tertentu, pengetahuan tambahan, peningkatan ketrampilan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas yang akan mereka lakukan pada satu seksi nantinya. Pada posisi ini mereka hanya mengerjakan pekerjaan – pekerjaan yang ringan, sedikit resiko, seperti mengupas kentang, memotong sayur, mencincang daging, merebus sayuran dan lain sebagainya.
Kelompok ini adalah karyawan yang belum pernah bekerja didapur. Mereka ditugaskan bekerja berpindah dari satu seksi ke seksi lain dalam waktu – waktu tertentu. Tujuan berpindah ini ialah agar karyawan pemula ini dapat megenal dan menghayati pekerjaan dimasing – masing seksi sebelum mereka memilih atau ditempatkan pada satu seksi tertentu. Selama berpindah – pindah ini mereka juga diberikan tugas – tugas tertentu, pengetahuan tambahan, peningkatan ketrampilan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas yang akan mereka lakukan pada satu seksi nantinya. Pada posisi ini mereka hanya mengerjakan pekerjaan – pekerjaan yang ringan, sedikit resiko, seperti mengupas kentang, memotong sayur, mencincang daging, merebus sayuran dan lain sebagainya.
Karakteristik kepribadian yang
harus dimiliki oleh The apperentice adalah
1. Membantu De partie saat bekerja
2. Menggantikan De patie bila tidak berada di tempat.
3. Memiliki disiplin waktu yang tinggi.
4. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.
1. Membantu De partie saat bekerja
2. Menggantikan De patie bila tidak berada di tempat.
3. Memiliki disiplin waktu yang tinggi.
4. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.
10. Superviser
Cook / Pengawas masakan
a. Tugas:
Bertugas sebagai kepala bagian serta mengawasi jalannya proses pengadaan makanan.
b. Uraian Tugas :
1. Dalam mengoperasionalkan equipment yang ada sesuai petunjuk kerja alat.
2. Mengawasi jalannya pengadaan makanan sesuai dengan spesialisasinya.
3. Memeriksa makanan sesuai dengan outlatnya masing-masing.
c. Tanggung jawab :
Bertanggung jawab atas kerja outletnya masing-masing.
a. Tugas:
Bertugas sebagai kepala bagian serta mengawasi jalannya proses pengadaan makanan.
b. Uraian Tugas :
1. Dalam mengoperasionalkan equipment yang ada sesuai petunjuk kerja alat.
2. Mengawasi jalannya pengadaan makanan sesuai dengan spesialisasinya.
3. Memeriksa makanan sesuai dengan outlatnya masing-masing.
c. Tanggung jawab :
Bertanggung jawab atas kerja outletnya masing-masing.
11. Junior
Cook
a. Tugas :
Sebagai juru masak yang mengola makanan mentah menjadi makanan yang dapat disajikan.
b. Uraian Tugas :
1. Memiliki pengetahuan makanan.
2. Creative dalam mengolah makanan atau masakan.
3. Memelihara kebersihan lingkungan kerja.
c. Tanggung Jawab :
Bertanggung jawab atas setiap masakan yang dibuad sesuai dengan instruksi atasan.
a. Tugas :
Sebagai juru masak yang mengola makanan mentah menjadi makanan yang dapat disajikan.
b. Uraian Tugas :
1. Memiliki pengetahuan makanan.
2. Creative dalam mengolah makanan atau masakan.
3. Memelihara kebersihan lingkungan kerja.
c. Tanggung Jawab :
Bertanggung jawab atas setiap masakan yang dibuad sesuai dengan instruksi atasan.
12. Cook
helper
a. Tugas :
Mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan diolah.
b. Uraian Tugas :
1. Membantu junior cook dalam mengolah makanan.
2. Bersedia membantu setiap bagian apabila sedang dibutuhkan.
c. Tanggung jawab :
Bertanggung jawab atas persiapan bahan yang akan digunakan.
a. Tugas :
Mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan diolah.
b. Uraian Tugas :
1. Membantu junior cook dalam mengolah makanan.
2. Bersedia membantu setiap bagian apabila sedang dibutuhkan.
c. Tanggung jawab :
Bertanggung jawab atas persiapan bahan yang akan digunakan.
13. Trainer
Adalah siswa yang belajar di kitchen untuk mengenal seluk beluk kitchen. Serta terjun langsung kedalam proses produksi makanan.
Tugas :
1. Memperhatikan dengan sungguh-sungguh tugas dan kewajiban yang di
Adalah siswa yang belajar di kitchen untuk mengenal seluk beluk kitchen. Serta terjun langsung kedalam proses produksi makanan.
Tugas :
1. Memperhatikan dengan sungguh-sungguh tugas dan kewajiban yang di
bebankan.
2. Aktif membersihkan alat kerja
3. Membantu cook helper dalam persiapan membuat makanan.
2. Aktif membersihkan alat kerja
3. Membantu cook helper dalam persiapan membuat makanan.
Dalam organisasi, seperti halnya
manajer madya maupun manajer puncak, supervisor
memiliki
tugas yang sama yaitu:
·
Merencanakan kegiatan (planning)
·
Mengorganisasikan kegiatan (organizing)
·
Menyiapkan orang yang akan melaksanakan
kegiatan (staffing)
·
Mengarahkan proses pelaksanaan kegiatan
(directing)
·
Mengendalikan perkembangan pelaksanakan
kegiatan (controlling)
Adapun yang membedakan antara
supervisor, manajer madya dan manajer puncak adalah besarnya ruang lingkup
tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas itu.
Tugas-tugas tersebut diatas biasa
disebut sebagai tugas Manajerial. Tugas-tugas manajerial pada dasarnya
merupakan alat untuk melakukan berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan yang
menjadi tanggung jawab seorang supevisor adalah:
·
Memproduksi barang atau jasa (production)
·
Mempertahankan dan meningkatkan mutu
hasil kerja dan mutu suasana kerja (quality)
·
Mengendalikan biaya operasional agar
harga produk tetap bersaing (cost)
·
Mengembangkan cara kerja yang
sederhana, mudah, sistematis, fleksibel dan adaptabel yang mampu mendukung
terwujudnya hasil produksi yang bermutu tinggi, cepat dan murah (methods)
·
Mengupayakan dan mempertahankan
semangat kerja yang tinggi dan suasana kerja yang harmonis (morale)
·
Mengembangkan pengetahuan dan
keterampilan kerja anak buah (training)
·
Menekan seminimal mungkin resiko
kerusakan dan kecelakaan di tempat kerja (safety)
·
Menjaga dan memelihara lingkungan hidup
(environment)
Keterkaitan antara tugas manajerial dan
tanggung jawab utama seorang supervisor dapat digambarkan sebagai berikut:
terima kasih...sangat membantu..
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
HapusPosting anda sangat bermanfaat... semoga sukses selalu
BalasHapusijin share ya :) makasi
BalasHapuskeren ni GAN ,,,saya ijin copas yah buat belajar ?
BalasHapusKeren ijin share ya
BalasHapusnice, ijin share gan
BalasHapusBuat pelajaran mata kuliah pengantar perhotelan trims
BalasHapusSenang kalau postingannya bermanfaat. Saya juga masih belajar :)
BalasHapusGood knowledge............thx
BalasHapusGood knowledge............thx
BalasHapusKeren Post nya .
BalasHapusSangat Bermanfaat .
Setidak nya Saya Lebih Tau kerja & Tanggung Jawab Seorang Commi .
Belajar & Terus Belajar .
Siapa tau bisa Jadi Ex Chef . Hhe
Amin 😊
Keren Post nya .
BalasHapusSangat Bermanfaat .
Setidak nya Saya Lebih Tau kerja & Tanggung Jawab Seorang Commi .
Belajar & Terus Belajar .
Siapa tau bisa Jadi Ex Chef . Hhe
Amin 😊
Mantab...saya suka...saya suka...
BalasHapusapa itu yg di maksud dgn chef's
BalasHapusSangat membantu sekali bang, TERIMA KASIH BANYAK Bang, TETAP SEMANGAT YA BANG BERBAGI ILMUNYA, Semoga Menjadi Amalan Terbaik... Ijin kopas/Share bang
BalasHapusTerimakasih.
BalasHapussangat membatu sekali...
Terima kasihhh
BalasHapusTerima kasihhh
BalasHapusTerima kasihhh
BalasHapusTks, sangat bermanfaat dan nambah ilmu.
BalasHapusTerimkasih buaangeet ilmu nya . Sangat berguna buat diri sendiri dan bisa jdi bahan trainning knowladge
BalasHapusSangat membantu untuk menambah wawasan,,semoga sukses selalu..👍👍👍
BalasHapusasisten chef ini sangat membantu coba tambahkan dengan informasi artikel lowongan
BalasHapusMantull
BalasHapusMantap
BalasHapus